Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Bau Mulut??? Oh No…!!!! Mei 27, 2009

Filed under: keakhwatan — catatanseorangukhty @ 10:21 am

hmh….bukan maksud apa apa sih. tiya nulis postingan yang rada – rada menyinggung..( heheh kalo kesinggung) soalnya neh, emang tiya lagi punya masalah yang berkaitan dengan bau mulut.EEiiiiitsss… jangan suudzon dulu.. maksudnya gini. Tiya punya beberapa teman, yang (astaghfirulloh.. bukan mau ngomongin orang.. tapi…) sepertinya punya masalah dengan bau mulut..

Biarpun sepertinya sepele, tapi bau mulut jangan dianggap remeh. Karena, selain membuat orang lain merasa tidak senang berdekatan dengan kita, bau mulut juga bisa membuat kita kurang percaya diri. Kalau bau mulutnya gara – gara puasa sih, bisa dimaklumi. tapi gimana tuh kalo bau mulutnya permanen? Bisa – bisa banyak orang yang ga mau deket2 sama dia. Na’udzu billah.

Makannya pada postingan kali ini, tiya pengen nulis mengenai bau mulut, penyebab dan penanggulangannya ( hhohoho penanggulangan.. kayak wabah aja,,,^o^)

Sebenarnya, apa sih bau mulut itu??

Menurut telaah yang pernah Tiya baca, bau mulut adalah bau yang ditimbulkan oleh mulut seseorang.Tanda-tanda terjadinya bau mulut biasanya adalah akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti alir liur kental, mulut kering dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil inisiatif menjauh / mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita.

Hmh… tapi, bau mulut ternyata juga bisa jadi merupakan indikasi terjadinya suatu gangguan dalam tubuh kita.Bau mulut yang berkepanjangan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan, dan lain sebagainya. Di samping itu bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi / karies, dan lain sebagainya..

Apa sich penyebab terjadinya bau mulut??

Selain karena mengonsumsi makanan yang baunya tajam-seperti bawang, dimana minyaknya diserap ke dalam paru-paru lalu dikeluarkan saat bernafas – bau mulut yang tidak sedap juga bisa disebabkan karena menumpuknya plak bakteri pembusuk dari partikel makanan dan adanya sisa makanan pada gigi, gusi dan lidah.

Hal lain yang dapat menimbulkan bau mulut adalah mulut yang kering selama tidur, gangguan saluran pencernaan, kontipasi atau sulit buang air besar, merokok dan obat-obat tertentu yang memungkinkan sel mati mengumpul pada lidah, gusi dan dinding bagian dalam pipi..

Makannya itu yang namanya bau mulut kudu dicegah dan jangan dianggap sepele…

Tips Cara Menghilangkan, Mengatasi dan Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap By Organisasi.Org :

1. Gosok gigi yang rajin dan bersih setiap sehabis makan minimal selama 2 menit.
2. Tidak makan makanan dan minuman yang biasanya membuat mulut bau.
3. Hindari permen yang menimbulkan bau mulut setelah permennya habis.
4. Rawat gigi kita di dokter gigi dan cek up minimal dua kali setahun.
5. Minumn air putih yang banyak dan cukup.
6. Bersihkan lidah kita dari kuman dengan sikat lidah, sendok, sikat gigi, dsb.
7. Gunakan semprotan mulut penghilang bau.
8. Rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut khusus untuk kumur.
9. Kebiasaan buruk merokok ditinggalkan saja.
10. Hindari banyaka makan makanan berminyak ketika sahur.
11. Makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
12. Minum yogurt, makan vitamin c dosis tinggi dan mengunyah tumbuhan seperti daun ketumbar, ekaliptus, taragon, dan lain sebagainya

Nah udah tau kan All abaout bau mulut?? yah walaupun ga semuanya, paling tidak postingan tiya kali ini bisa membantu siapapun yang punya maslah dengan yang namanya bau mulut. Selamat mencoba tips2 nya…

Wallohu a’lam bishowab

 

3 Responses to “Bau Mulut??? Oh No…!!!!”

  1. binekas Says:

    alhamdulillah saya tidak mengalami penyakit BM (bau mulut). hhe.😀

  2. srik Says:

    oke lh, pasti q coba… and moga2 brhasil.. hehehehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s