Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat… Mei 29, 2009

Filed under: keakhwatan — catatanseorangukhty @ 2:38 am

Untuk Postingan tiya kali ini, sebenarnya lebih karena faktor permintaan seorang teman. Kemarin, pas di kelas kebetulan lagi ngobrol2 gitu tentang kecantikan.. (hohoh…maklum ajah, tiya kan akhwat jadi kudu cantik dundz… huek…),eh akhirnya menjurus2 dah ama yang namanya cara menghilangkan bekas jerawat…(katanya sih masalah banget… walaupun tiya ga punya sih.. hehehe)

Ada banyak tips tentang cara menghilangkan bekas jerawat, dari yang tradisional ampe yang ditawarkan ama produk2 kecantikan. Tapi kalo Tiya lebih suka yang natural ajah, soalnya kalo pake yang produk2 kecantikan gitu, bisa2 bukannya jadi sembuh malah tambah parah.

Ini Tips Sederhana tahap 1

1.Sering2 bersihin muka pake air setiap saat…
sebab muka remaja tuh banyak berminyak…minyak yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori2×2 wajah dan akhirnya timbul jerawat…
2.Usahakan sebisa mungkin jangan kena asap kendaraan
(kalo pake sepeda motor pake cadar ato helm yang ada tutup kacanya ato pake 2-2nya sekalian spy muka gak kena asap mobil n motor) …
3.Usahakan jangan maem makanan yang pedes2
(ada merica ato lombok nya) dan jangan banyak maem ma-eman berlemak [sedikit aja,tapi jangan terlalu sedikit,sebab selain untuk pelumas persendian,lemak diperlukan dalam pembentukan sel pada paru2 dan otak,kekurangan lemak bisa membahayakan ke2 organ tsb]…
4.Kebanyakan masalah jerawat itu karena alergi sama daging ayam n telur…
uji diri kamu sama ke2 makanan tsb…jika kamu emang alergi ya usaha-in sebisa mungkin menghindari ke-2 makanan tsb
5.Kalo berjerawat jangan dipencet2…
kalo dipencet2x biasanya malah ninggalin noda-noda hitam dan bopeng pada wajah…
6.Jangan stress…
katanya sih stress memacu timbulnya jerawat…
7.Sering2 olahraga…
panas tubuh akan membuka pori2 wajah dan mengeluarkan kotoran2 dari pori-pori wajah…
8.Kalo keramas usaha-in shampo jangan sampe kena wajah…
sebab sebagian shampo (terutama yang pake protein spt Sunsilk telur n madu,etc itu jika kena kulit akan nimbulin jerawat)…
9.Sebelum mandi bersihkan muka pake air hangat dan dibilas
[jangan pake air panas,air panas dapat memecahkan pori2 wajah..ntar malah kulit wajah jadi merah2 setengah melepuh kalo dibilas pake air yang terlalu panas]…jangan dibilas dengan kasar pada tempat2 berjerawat..sebab akan menimbulkan luka n akhirnya menimbulkan bopeng n noda-noda hitam pada wajah…

Masih ada Tips Tambahan lagi (hoho… berbagai sumber soalnya)

Tips Pertama gunakan madu yang telah dipanaskan sebelumnya. Lalu oleskan ke flek saat masih hangat. Diamkan sekitar 10 menit. Lakukan setiap hari sampai bekas flek jerawat benar-benar hilang.

Tips Kedua silahkan sediakan sedikit daun pegagan (daun kaki kuda/rendeng). Lumatkan daun pegagan dan campur dengan bedak dingin. Lalu pupurkan atau bedakkan di tempat yang berjerawat setiap malam menjelang tidur.

Tips ketiga

1. Ambil sedikit asam jawa + beberapa cm kunyit. Kunyit di tumbuk, campurkan dengan asam jawa dan sedikit air. Setelah rata, oleskan sebagai masker ke muka. Biarkan selama 20 menit. setelah itu cuci bersih.

2. Campurkan air jeruk nipis (lebih bagus yang lokal) dengan 1 sendok minyak masak. Oleskan ke seluruh muka sebelum tidur. Paginya, ambil asam gelugur (asam jawa juga boleh) dan rendam dalam air panas. Setelah air menjadi hangat (suam2 kuku). Basuhlah air tersebut ke muka kita, asamnya di gosok-gosokkan ke tempat2 yang berjerawat or yang berparut. Beberapa menit kemudian, basuh dengan air biasa.

3. Campur bedak dingin dengan garam dan air asam jawa. Sapukan ke muka dan di tempat berjerawat.

4. Bersihkan muka. Cuci dengan air kelapa tua. Setelah kering sendiri, bilas dengan air bersih.

5. Ambil sedikit kanji nasi. Sapukan ke jerawat, dan biarkan kering di muka. Cuci dengan air hangat.

6. Basuh muka dengan air basuhan beras. Setelah kering, cuci dengan air bersih.

7. Putih telur + 1 sedok tepung jagung + minyak zaitun. Ketiganya, aduk secara rata. Gunakan sebagai masker.
8. Larutkan tepung kanji dengan air. Oleskan di sekitar tempat yang berjerawat.(mayapadha.wordpress.com)

Nah.. gimana? udah banyak kan tips yang Tiya posting? semoga bermanfaat… oh iya ada tambahan lagi…biar pembaca(hayyah.. pembaca gayanya aja nih tiya kaya penulis propesional euy..)pada paham ama yang namanya jerawat dan bisa nyegahnya dengan menghindari hal2 penyebab jerawat

sebenarnya yang membuat jerawat sendiri adalah bermacam-macam,
1.kelenjar sebum yang terletak pada pangkal rambut yang produksinya berlebihan akibat berlebihnya hormon androgen
2.pergantian lapisan kulit yang terlalu cepat kemudian menumpuk akan menimbulkan penyumbatan
3.bakteri/flora normal kulit itu sendiri yang berubah menjadi ganas dan menyerang kulit kita
4.stres juga dapat memicu jerawat..
5.genetik, mungkin ada yang papa/mamanya dulu juga jerawatan
oleh karena itu, kita harus menanggulangi penyebab-penyebab tersebut
1.cuci muka sehari cukup 2-3 kali, karena kalau kulit terlalu kering, akibatnya kulit juga akan mengkompensasi dengan mengeluarkan minyak/sebum lebih banyak
2.bagi yang udah berjerawat, mungkin selalu merasa jerawatnya bertambah banyak, ini wajar aja karena akan timbul stres dan itu memacu hormon, akibatnya hormon tersebut menimbulkan lagi acne
3.jangan dipencet/dipegang/digaruk/dsb, itu akan memacu peradangan yang lebih hebat, merusak struktur kulit sehingga kuman akan lebih mudah masuk lagi
4.istirahat yang cukup
5.minum air sebanyak mungkin, kalau bisa sehari minimal 2 1/2 lt – 3 lt
6. Makanan tidak ada hubungannya dengan jerawat! kalaupun ada itu karena orang tersebut sensitif
7. kalau merasa sudah parah mendingan ke dokter spesialis kulit aja, dan jangan suka pindah-pindah dokter, karena memang penanganan untuk jerawat cukup lama, butuh kesabaran, hasil yang di peroleh juga tidak bisa cepat.
8.dibiasain pake toner setelah cuci muka agar lemak-lemak yang tidak larut dengan sabun akan terbawa dengan toner tersebut
9.dll

oke oke oke… selamat mencoba……


 

4 Responses to “Cara Menghilangkan Bekas Jerawat…”

  1. lyana Says:

    thx iah ukhty. . .
    ga nyangka lngsng dksh jwbny,pdhl kn q cm iseng2 aj nany ky gt kmrn ma km,eh trnyta km anggp srius,tp gpp dueh,thx y. . .bsk2 blh kn nany2 lg,hoho. . .

  2. eL Setiyawan Says:

    rupamu ae jerawat e akeh..hahahahaha

  3. agusnurrohman Says:

    mantap,kunjungi blog saya juga ya http://agusnurrohman.wordpress.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s