Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Perawatan Rambut untuk Muslimah Berjilbab Juni 5, 2010

Filed under: keakhwatan — catatanseorangukhty @ 3:29 am

Akhwaty Fillah…

Beberapa hari ini, di wisma saya disibukkan dengan keluhan-keluhan mengenai permasalahan rambut. Dari yang mulai rambut berketombe sampai rambut rontok. Setelah saya mencari-cari di berbagai sumber, akhirnya saya temukan beberapa tips mengenai perawatan rambut untuk muslimah yang berjilbab

1. Permasalahan Kerontokan Rambut

Kerontokan merupakan proses alamiah bagi rambut. Akan tetapi, jika berlangsung terus-menerus, kerontokan akan mengakibatkan kebotakan. Jika kerontokan rambut berkisar antara 80 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.

Kerontokan rambut disebabkan beberapa faktor misalnya jenis bahan yang digunakan untuk dalamannya tidak dapat menyerap keringat,dalaman jilbabnya dipakai terlalu kencang sehingga tidak ada ruang udara akibatnya rambut menjadi panas dan berkeringat yang akan mengakibatkan rambut menjadi lembab dan  lepek.Dengan rambut lepek ini kondisi rambut akan mudah rontok. Pemakaian aksesoris rambut yang berlebihan.Berlebihan disini maksudnya adalah penggunaan aksesoris rambut seperti jepitan rambut yang terlalu kencang mengikat rambut,jadi usahakan menggunakan jepit yang ringan dan tidak terlalu kencang dalam mengikat rambut, juga bisa menjadi penyebab terjadi kerontokan rambut.

Selain itu, pemakaian obat-obatan yang salah juga bisa menyebabkan kerontokan, terutama dari jenis obat yang berfungsi mencairkan darah. Penyakit juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut di antaranya adalah tifus, penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, atau penyakit yang kekurangan berbagai zat penting seperti Zinc (terkadang dijumpai pada vegetarian). Ketegangan atau tekanan jiwa (stres), dan gangguan psikis lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

2. Permasalahan Rambut Berketombe

Rambut berketombe terjadi karena keringat dan kelenjar minyak akan lebih aktif pada keadaan cuaca panas dan lembap sehingga timbulkan rasa gatal dan rambut jadi kotor. Rambut kotor dan kulit kepala kotor membuat bakteri aktif menganggu sehingga selain ketombe muncul bisul-bisul kecil pada kulit kepala.

Rambut yang berketombe, terutama bagi muslimah berjilbab, salah satu penyebabnya adalah karena pemakaian jilbab yang tidak benar. Sama halnya dengan kerontokan rambut, adanya ketombe di rambut disebabkan beberapa faktor misalnya jenis bahan yang digunakan untuk dalamannya tidak dapat menyerap keringat,dalaman jilbabnya dipakai terlalu kencang sehingga tidak ada ruang udara akibatnya rambut menjadi panas dan berkeringat yang akan mengakibatkan rambut menjadi lembab dan  lepek.Dengan rambut lepek ini kondisi rambut akan berketombe.

Ketombe tidak hanya disebabkan cara berjilbab yang salah tetapi juga lebih condong ke jenis rambut itu sendiri.Ada jenis rambut yang tahan disemua kondisi dan sebaliknya ada jenis rambut pula yang sensitif seperti jenis rambut berminyak.Rambut berminyak dapat menimbulkan ketombe karena dengan kadar minyak yang berlebihan akan menjadikan rambut kotor dan terasa gatal.Penggunaan shampo yang tidak tepat juga dapat menimbulkan ketombe.Banyak orang yang berketombe disebabkan karena penggunaan shampo

Nah, berikut ini tips – tips perawatan rambut untuk muslimah berjilbab…

1. Ketika Hendak Memakai Jilbab

  • Jangan mengenakan jilbab jika kondisi rambut dalam keadaan basah jadi tunggu dulu sampai rambut benar-benar kering.Pengeringan rambut dapat dilakukan dengan kipas angin hindari penggunaan pengering rambut elektronik (hairdryer) karena akan menjadikan rambut tidak sehat (kering),bercabang dan rontok
  • Jika hendak menggunakan jilbab lebih baik anda mengurai rambut anda atau jangan mengikatnya terlalu kencang. Untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan rambut anda penjang melebihi 60 cm.
  • Gunakan dalaman jilbab yang mudah menyerap keringat atau bisa kita pilih dalaman dari bahan katun begitu juga dengan jilbab luarnya usahakan bahan yang mudah menyerap keringat(katun) dan hindari jilbab yang berwarna gelap karena akan menyebabkan cahaya cepat meresap dan kulit rambut menjadi lembab.
  • Pilihlah jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti katun atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala.
  • Anda suka model jilbab modern. Boleh saja anda mengkreasikan model jilbab anda hingga berlapis-lapis. Tapi ingat jangan lebih dari 4 helai ya. Semakin tebal kerudung anda, makin sulit rambut anda bernafas.
  • Hindari menggunakan lapisan jilbab dengan terlalu sering dan kencang. Selain membutat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab.
  • Hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas anda lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih.
  • Jangan terlalu sering mengikat kerudung anda di bagian leher. Udara yang keluar masuk ke rambu anda akan semakin menipis jika anda mengikat kerudung di leher. Kerudung sebaiknya dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut muda bernafas.

2.  Jika Sedang Tidak Berjilbab

  • Keramas secara teratur, paling tidak dua hari sekali
  • Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari). Dengan menyisir rambut sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala, yang berarti dapat membantu kelancaran peredaran darah.
  • Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  • Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi, karena kerontokan bisa berawal di garis belahan rambut.
  • Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang. Hal ini akan mengakibatkan trauma bagi rambut. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut.
  • Jangan biarkan rambut terikat terus.
  • Hindari memakai kerudung/jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  • Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab. Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.
  • Bila memiliki bakat ketombe,hindari makanan yang berlemak.
  • Untuk jenis rambut berminyak jangan menggunakan condisioner tetapi sebaliknya untuk rambut kering gunakanlah condisioner dan konsumsi air putih serta vitamin
  • teratur dapat melakukan creambath, dan perawatan khusus bagi rambut yang berjilbab


Itu tadi sekilas tentang bagaimana merawat rambut untuk muslimah. Walaupun rambut kita tertutup oleh jilbab, namun keindahan rambut juga harus diperhatikan. Karena Allah itu indah, dan menyukai keindahan

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba..^^

 

8 Responses to “Perawatan Rambut untuk Muslimah Berjilbab”

  1. Viedya Berkata

    Apakah benar kalo berjilbab bisa menyebabkan rambut berwarna putih lebih cepat?

    • kayaknya ngga deh, beruban kan bisa karena faktor usia, shampo yg gak cocok, hormon.

      Uban adalah gejala yang sering muncul pada orang yang sudah lanjut usia. Uban sering kali diidentikan dengan datangnya usia lanjut bagi manusia. Pada saat ini, uban tidak hanya menjadi identitas kamum lanjut usia belaka, namun kawula mudapun sudah banyak yang didera oleh uban ini. Munculnya rambut putih merupakan gejala adanya gangguan sintesa protein. Sel melanosit jadi tak mampu lagi menghasilkan pigmen sehingga rambut menjadi kehilangan warna. Bila uban sudah muncul di rambut, terkadang tangan terasa gatal ingin mencabutinya. Padahal cara ini justru membawa efek buruk. Jika uban dicabut, hal itu akan merusak pori-pori rambut serta mengganggu saraf akar rambut.
      Proses terjadinya uban seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia. Namun ada juga penyebab lain yang bisa mendorong munculnya uban walau usia masih terbilang muda.Faktor genetik merupakan faktor penyebab yang cukup kuat. Jika ayah atau ibu kita sudah beruban ketika menginjak usia 30-an, maka kemungkinan besar kita pun akan mengalami hal yang sama.
      Faktor lain yang dapat menjadi penyebab timbulnya uban adalah: 1) Stres, 2) Kurang gizi, 3) Syok, 4) Kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, 5) Ketegangan, dan 6) Sakit keras. Kondisi tersebut akan memperlambat produksi pigmen sehingga muncullah rambut putih atau uban.

      Sejumlah cara (tips) yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mencegah timbulnya uban adalah:
      1. Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
      Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.
      2. Terapkan pola hidup sehat, tingginya tingkat stres akan mempercepat munculnya uban
      3. Konsumsilah nutrisi yang bergizi, rambut putih muncul karena produksi pigmen warna rambut yang disebut melamin terhambat. Dengan menkonsumsi nutirsi yang bergizi maka prosuksi peigmen tersebut akan ikut meningkat.
      Pola hidup sehat dan menkonsumsi makanan yang bergizi akan sangat membantu untuk mencegah timbulnya uban. Uban yang muncul pada usia muda merupakan warning (peringatan) bahwa pola hidup kita tidak sehat dan harus segera di perbaiki sebelum terlambat.
      oleh karena itu kalo pake jilbab, bukan berarti karena ditutupin (ah gak ada yg liat ini) trus gak dirawat, tetep dirawat biar ga timbul masalah2 rambut spt uban, rontok & ketombe yaaaa ^_^

  2. ukhtina_uni Berkata

    sukron, jazakillah buta tipsnya^^

  3. ukhtina_uni Berkata

    sukron, jazakillah buat tipsnya^^

  4. azizah Berkata

    bener juga tuh mba. jazakilah

  5. yups artikel yang bagus..Ijin ngopi artikelnya ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.