Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Belajar Ke Negri Tulip Agustus 24, 2010

Filed under: Beasiswa — catatanseorangukhty @ 11:13 pm

Setiap tahun, sekira 150-200 beasiswa penuh ditawarkan pemerintah Belanda kepada mereka yang berkecimpung dalam berbagai bidang pembangunan di Indonesia. Para penerima beasiswa ini biasanya staf pemerintahan, staf di lembaga swadaya masyarakat (LSM), pengajar di perguruan tinggi negeri dan swasta, serta wartawan. Mereka mendapat kesempatan berkuliah di Negeri Kincir Angin tersebut lewat program beasiswa Studeren in Nederland (StuNed).

Program beasiswa StuNed menawarkan berbagai program kuliah, mulai dari tingkat master hingga kuliah jangka pendek untuk mempelajari bahasa Belanda. “Setelah menyelesaikan studi dan kembali ke Indonesia, penerima beasiswa StuNed diharapkan dapat meneruskan komitmennya bagi pembangunan Indonesia,” jelas Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri.

Dalam buku setebal 208 halaman ini, Reny menjelaskan, beasiswa StuNed diberikan sesuai kebijakan kerja sama antara pemerintah Belanda dan Indonesia dalam menyukseskan program Millenium Development Goals (MDG). Oleh karena itu, program beasiswa StuNed pun difokuskan pada dua tema besar yaitu good governance (perbaikan lembaga pemerintahan) dan gender (persamaan hak antara pria dan wanita).

Para pelamar beasiswa StuNed minimal telah dua tahun bekerja di institusi terakhir sebelum batas akhir pendaftaran. Usia maksimal adalah 40 tahun untuk pria, dan 45 tahun untuk wanita. Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang dimiliki adalah minimal 2,75 dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan pilihan bidang program studi.

Syarat lainnya, para pendaftar harus sudah diterima oleh salah satu universitas di Belanda sebagai salah calon mahasiswanya. Pelamar juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan Belanda yang baik. Khusus TOEFL, nilai minimal yang harus dimiliki adalah 550 untuk TOEFL institusional, atau IELTS 6. Tiap tahun, batas waktu pendaftaran beasiswa ini adalah pada Maret atau April.

Ada berbagai program studi yang dapat dipilih para pelamar beasiswa StuNed yaitu kajian hukum dan hak asasi manusia, ilmu-ilmu sosial, kajian lingkungan, kesehatan masyarakat dan program penanggulangan HIV/AIDS, perencanaan pembangunan daerah tertinggal dan regional, agrikultur, kajian budaya timur, kesusasteraan dan sejarah, serta linguistik.

Tertarik mendaftar? Informasi lengkap StuNed bisa kamu dapatkan di Netherlands Education Centre (NEC) di Menara Jamsostek, Lantai 20, Jalan Gatot Subroto Nomor 38 Jakarta 12170. Atau kamu bisa hubungi nomor telepon (021)52902172 dan alamat email general@nec.or.id.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s