Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Berawal dari Beasiswa Italia Agustus 30, 2010

Filed under: Beasiswa — catatanseorangukhty @ 9:22 am

Sebagai salah satu negara besar di Eropa, Italia tidak mau ketinggalan memberikan beasiswa kepada warga negara non-Italia yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang lebih tinggi atau melakukan penelitian dalam bidang studi tertentu.

Beasiswa ini mencakup tingkatan pendidikan sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Sementara, bidang studi yang dapat dipilih para pelamar beasiswa meliputi kedokteran, teknik, pertanian, ekonomi, humaniora, dan pelatihan bahasa Italia bagi penutur asing.

Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri menjelaskan, beasiswa yang dikeluarkan pemerintah Italia tersebut merupakan beasiswa penuh. “Artinya, semua kebutuhan penerima beasiswa akan ditanggung, termasuk biaya hidup bulanan, asuransi kesehatan, biaya visa dan fiskal, ongkos pesawat pulang-pergi, serta biaya kursus intensif bahasa Italia,” imbuh Reny dalam buku terbitan Daras Books tersebut.

Namun, pembiayaan tersebut tidak berlaku bagi para peserta kursus bahasa. Pemerintah Italia hanya akan memberikan dana parsial pembiayaan kursus. Sementara, kebutuhan lain seperti visa dan tiket pesawat harus ditanggung sendiri.

Setidaknya ada tujuh jenis beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Italia. Semua jenis beasiswa ini diberikan antara enam bulan hingga dua tahun, kecuali beasiswa kursus bahasa yang hanya berlangsung 1-3 bulan. Ketujuh jenis beasiswa tersebut yaitu Brief Language Courses, beasiswa singkat kursus bahasa Italia sebagai persiapan untuk masuk ke universitas di Italia; Individual University Courses, beasiswa kuliah singkat di universitas tertentu untuk mendalami satu bidang keilmuan/keahlian; Degree Courses, beasiswa kuliah S1 di salah satu universitas Italia pilihan.

Kemudian ada beasiswa Courses in Advanced Musical and Artistic Training yang diberikan kepada para lulusan sekolah menegah atas (SMA) yang tertarik mempelajari musik dan seni. Italian Language and Culture Courses for Teachers of Italian diperuntukkan bagi para pengajar bahasa Italia sebagai sarana memperdalam kemampuan bahasa mereka. Selain itu, ada juga beasiswa untuk program master, doktoral, dan spesialis di Italia, yaitu Postgraduate University Courses; serta beasiswa Research untuk para peneliti yang ingin melakukan penelitian di Italia.

Secara umum, persyaratan beasiswa pemerintah Italia hampir sama dengan beasiswa dari pemerintah negara lain. Kemampuan berbahasa Italia yang ditunjukkan lewat sertifikat menjadi syarat utama. Kemampuan berbahasa tersebut akan diuji dalam seleksi wawancara oleh Institut Kebudayaan Italia. Selain itu, semua pelamar beasiswa ke Italia harus memiliki gelar akademis, kecuali bagi mereka yang akan melamar pada kursus bahasa.

Biasanya, batas akhir pendaftaran beasiswa pemerintah Italia berlangsung antara Maret-April tiap tahunnya. Informasi tentang beasiswa pemerintah Italia bisa dilihat di laman http://www.iicjakarta.esteri.it

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s