Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Berjalan-jalandi Menara Eiffel sambil Belajar yuukkk… Agustus 30, 2010

Filed under: Beasiswa — catatanseorangukhty @ 9:24 am

Banyak alasan dikemukakan para mahasiswa yang memilih Prancis sebagai negara tujuan studi, di antaranya keunikan bahasa, romantisme, atau kemegahan menara Eiffel. Pemerintah Prancis pun menawarkan berbagai program beasiswa baik beasiswa bergelar maupun nongelar seperti kursus bahasa.

Namun, meski terkenal atas kekayaan budaya dan seni, Prancis justru lebih giat menawarkan beasiswa di bidang teknik. Program beasiswa tersebut dinamakan Eiffel Scholarship dan Bourse du Gouvernement Francais (beasiswa pemerintah Prancis). “Selain beasiswa teknik, pemerintah Prancis juga menawarkan beasiswa dalam bidang studi sosial dan alam seperti administrasi publik, ilmu politik, ilmu hukum, matematika, dan ilmu pengetahuan alam,” demikian dijelaskan Reny Y dalam bukunya Kuliah Gratis di Luar Negeri.

Ada juga program beasiswa yang terkenal sangat kompetitif dalam bidang humaniora dan sastra, yaitu Ecole Normale Superieure. “Ujian seleksi program beasiswa ini terbilang sulit karena berisi materi tentang sastra dan sejarah Prancis dari berbagai zaman,” imbuh Reny dalam buku terbitan Daras Books tersebut. Tidak hanya itu, Ecole Normale Superieure hanya diberikan kepada mahasiswa program studi Prancis yang sudah lulus atau berada di semester akhir.

Pemerintah Prancis akan memberikan beasiswa secara penuh. Para penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas pembiayaan kursus bahasa Prancis selama sebelas bulan di Centre Culturel Francais (CCF), tiket pesawat pulang-pergi, biaya kuliah dan buku, biaya hidup bulanan, serta asuransi kesehatan.

Mereka yang dapat melamar beasiswa ini adalah sarjana S-1, baik pria maupun wanita, berusia kurang dari 35 tahun. Minimal indeks prestasi kumulatif (IPK) pelamar adalah 3,00 dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Namun, lulusan baru juga dipersilakan melamar. Aplikasi beasiswa diserahkan sebelum tenggat waktu pada April atau September setiap tahunnya.

Informasi tentang beasiswa pemerintah Prancis bisa didapatkan di Service de Cooperation et d’Action Culturelle di Jalan Panarukan Nomor 35 Menteng, Jakarta Pusat atau lewat email infobgf@yahoo.fr. Informasi tersebut juga bisa didapat di CCF Jakarta, Jalan Salemba Raya Nomor 25 Jakarta, telepon 021-3908585.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s