Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

DAAD Beasiswa di Jerman Agustus 30, 2010

Filed under: Beasiswa — catatanseorangukhty @ 9:25 am

Sebagai salah satu negara maju, Jerman juga menawarkan berbagai jenis beasiswa pendidikan lewat Dinas Pertukaran Akademik Jerman atau Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD). Salah satu beasiswa rutin yang diberikan DAAD adalah Postgraduate Courses for Professional with Relevance to Developing Countries untuk masa studi 12-36 bulan. Nantinya, para peserta program ini akan memperoleh gelar master atau PhD berstandar internasional.

Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri terbitan Daras Book menjelaskan, program tersebut merupakan beasiswa kuliah S2 dan S3 bagi para profesional yang berasal dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. “Setiap tahunnya, DAAD juga menyediakan beasiswa khusus bagi mereka yang ingin mendapatkan pelatihan di bidang pengajaran bahasa Jerman bagi penutur Asing,” imbuh Reny dalam bukunya.

Kualifikasi pelamar beasiswa ini adalah staf pengajar pada suatu universitas, peneliti, dan para profesional yang memiliki gelar S1 dan S2 serta memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun di institusi publik atau privat dalam bidang tertentu. Bidang-bidang tersebut adalah ilmu ekonomi/administrasi bisnis/ekonomi publik, pengembangan dan pembangunan wilayah, teknik, matematika, perencanaan regional, agrikultur dan ilmu kehutanan, ilmu lingkungan hidup, kedokteran/kedokteran hewan/kesehatan masyarakat, serta sosiologi dan pendidikan.

Para pelamar berusia maksimal 36 tahun saat pendaftaran, ada beberapa bidang studi yang mensyaratkan batas usia maksimal adalah 32 tahun. Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk program master, dan 3,00 untuk program doktoral.

Kemudian, bagi pelamar beasiswa dengan bahasa pengantar Inggris, nilai pada sertifikat TOEFL internasional yang harus dimiliki adalah minimal 550 untuk PBT, 213 untuk CBT, dan 80 untuk iBT. Atau sertifikat IELTS dengan skor minimal 6. Sementara, bagi mereka yang menggunakan Jerman sebagai bahasa pengantar, biasanya rata-rata nilai tes bahasa Jerman bagi penutur asing (TDN) yang harus dimiliki adalah 4 untuk TestDaF atau DSH-2. Ketentuan nilai minimal pada sertifikat bahasa tersebut tidak mutlak, bergantung pada masing-masing bidang studi.

Pendaftaran beasiswa bisa dilakukan secara online atau dikirimkan melalui pos. Informasi lebih lengkap bisa didapatkan di situs resmi DAAD di laman http://jakarta.daad.de atau di kantor DAAD Jakarta di Summitmas I Lantai 19, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 61-62 Jakarta 12190 dengan nomor telepon (021) 5200870/5252807

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s