Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Yuuk Belajar di Swiss Agustus 30, 2010

Filed under: Beasiswa — catatanseorangukhty @ 9:20 am

Negeri yang terkenal dengan produk coklatnya ini memiliki satu program beasiswa andalan untuk para warga negara asing. Pemerintah Swiss menawarkan beasiswa untuk beragam bidang studi lewat program Federal Commission for Scholarship for Foreign Students (FCS).

Namun, perlu diingat, ada beberapa program studi yang tidak termasuk ke dalam tawaran beasiswa ini yaitu ilmu kesenian, pendidikan strata satu, pendidikan sekolah perhotelan, pertukaran mahasiswa, part time studies, on the job studies, serta correspondence course (studi jarak jauh).

“Program beasiswa ini berlangsung selama sembilan bulan hingga satu tahun akademik. Dalam kondisi tertentu, beasiswa dapat diperpanjang maksimal hingga tahun ajaran kedua sesuai dengan pertimbangan dari FCS dan perguruan tinggi yang bersangkutan,” tulis Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri terbitan Daras Books.

Reny menjelaskan, beasiswa ini diprioritaskan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal dan berkarier di Indonesia pemegang ijazah strata satu, dan berusia di bawah 35 tahun.  Setiap pelamar harus menguasai salah satu bahasa yang digunakan di Swiss yaitu Prancis, Italia, atau Jerman. Para pelamar juga harus mengikuti tes bahasa di Kedutaan Besar Swiss di Jakarta untuk menguji kemampuan bahasa secara lisan dan tertulis. Selain itu, para pelamar juga harus menyertakan surat penerimaan/konfirmasi dari perguruan tinggi yang dipilih, surat motivasi, serta menuliskan rencana studi atau riset secara rinci.

Setelah semua persyaratan tersebut terpenuhi, para pelamar bisa mengajukan permohonan untuk mendapat formulir pendaftaran beasiswa hingga 16 Oktober setiap tahunnya. Surat pengajuan permintaan formulir beasiswa berisi keterangan nama lengkap, tanggal lahir, bahasa asing yang dikuasai selain bahasa Inggris, serta program studi dan universitas yang dituju. Selain itu, surat tersebut juga dilengkapi dokumen berupa surat penerimaan dari universitas yang dituju, lampiran rencana studi atau riset, surat motivasi, curriculum vitae (CV), dan alamat email.

Surat permintaan formulir pendaftaran dikirimkan melalui pos ke alamat Kedutaan Besar Swiss, Bagian Kebudayaan, Jalan H.R. Rasuna Said, Kav. X 3/2 Kuningan, Jakarta 12950; atau melalui email ke alamat jak.vertretung@eda.admin.ch.

Formulir pendaftaran harus dikembalikan ke Kedutaan Besar Swiss paling lambat 30 Oktober tiap tahunnya. Berkas pendaftaran dikirim rangkap tiga, dan setiap setnya disusun sesuai urutan; formulir pendaftaran, foto kopi ijazah SMA yang telah dilegalisir, terjemahan ijazah SMA, foto kopi ijazah S1, terjemahan ijazah S1, transkrip nilai, terjemahan transkrip nilai, surat rekomendasi dari dua dosen/profesor, rencana studi, surat motivasi untuk melanjutkan kuliah di Swiss dan memperoleh beasiswa, curriculum vitae (CV), konfirmasi dari dosen atau surat penerimaan dari perguruan tinggi di Swiss, surat pemeriksaan medis (formulir tersedia bersama formulir pendaftaran), serta dokumen pendukung lain seperti sertifikat kursus bahasa, dan sebagainya.

Perlu diingat, berkas lamaran yang difotokopi harus dilegalisasi sesuai aslinya. Selain itu, dokumen yang tidak dikeluarkan dalam bahasa Inggris, Italia, Jerman, atau Prancis harus diterjemahkan ke dalam salah satu bahasa tersebut, tergantung universitas yang dituju. Dokumen terjemahan tersebut kemudian dilegalisasi untuk dilampirkan bersama dokumen aslinya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s