Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menikah di Jalan Dakwah atau Menikah “numpang” Jalan Dakwah ? Maret 22, 2011

Filed under: Munakahat — catatanseorangukhty @ 4:30 am

Setelah sekian lama tidak menulis, alhamdulillah Allah memberi kesempatan lagi untuk menulis. Kali ini bahasan kita tidak akan jauh-jauh dari bahasan sebelumnya.

Tulisan ini terinspirasi dari kajian yang saya ikuti kemarin sore. Mengenai tatanan sebuah keluarga dalam islam.

Keluarga seyogyanya adaah sarana bingkai nilai dan moral. Sehinga, dari keluarga ini lah seharusnya nilai-nilai keimanan dan keislaman serta moral yang sesuai dengan syari’ah akan terbentuk dan terjaga pada diri seseorang.  Husain Muhammad Yusuf dalam bukunya Ahdaf Al Usrah Fil Islam mengawali pembahasan tentang Posisi Keluarga dalam Negara. “Sebab”, tulisnya, “Sejauh mana keluarga dalam suatu negara memiliki kekuatan dan ditegakkan pada landasan nilai, maka sejauh itu pula negara tersebut memiliki kemuliaan dan gambaran moralitas dalam masyarakatnya”.

Begitu pentingnya keluarga dalam sebuah tatanan masyarakat, karena itu lah dari awal pembentukan keluarga, tentu diperlukan cikal bakal calon ayah dan calon ibu yang baik. Dan muncul lah sebuah teori yakni Menikah di jalan dakwah.

Lalu sebenarnya seperti apakah menikah di jalan dakwah itu?

Ikhwah fillah sekalian, mengenai topik ini, dalam kajian yang saya dapatkan kemarin, saya jadi sedikit tertohok pada pernyataan sang ustadzah, yang menyindir para ikhwah yang belum menikah dengan pernyataan, menikah di jalan dakwah atau menikah numpang jalan dakwah. Ternyata banyak diantara kita yang terjebak ke dalam dua istilah tersebut. Sehingga beliau menjelaskan perbedaan dari keduanya dalam sebuah kasus.

Ada seorang ikhwan ingin menikah, kemudian beliau mengajukan proposal kepada murobbi beliau. Setelah itu sang murobbi sekilas membaca kriteria akhwat yang dicari. Beliau menanyakan pada sang ikhwan, ” antum ingin menikah dengan seorang akhwat yang hafalannya sekian sekian, betul?” sang ikhwan menjawab “iya pak, soalnya saya ingin anak saya nanti menjadi hafidz dan hafidzoh, sehingga saya ingin memiliki istri yang begitu begini”.  Kemudian sang murobbi bertanya lagi, “kalau begitu, apakah antum juga sudah menghafal ini dan itu” sang ikhwan menjawab ” sudah pak.” Menghela nafas sejenak, sang murtobbi berkata. “Sesungguhnya apa itu hakikat pernikahan bagi mu nak?” Sang ikhwan terdiam,, lalu sang murobbi kembali berkata ” Sungguh pernikahan adalah bagaimana seorang suami bisa membimbing sang istri, dimana istri adalah tanggung jawab suami. Jika kau hanya ingin menikahi orang yang sempurna bla bla bla, lalu dimana dakwah yang akan kau kembangkan bagi istrimu. Sungguh menikah di Jalan dakwah adalah bagaimana kemudian kau bisa membimbing istrimu untuk menjadi lebih baik bukan menuntut istri untuk menjadi terbaik” sang ikhwan terdiam.

Dari ilustrasi cerita tersebut, sang ustadzah kajian tersebut mengingatkan kepada para jama’ah, bahwa ternyata berbeda menikah di jalan dakwah dan menikah numpang jalan dakwah. Dia ingin menikah dengan orang2 yang sesuai dengan kriterianya yang sempurna tanpa dia ingin berusaha untuk mendidik calon istri yang akan dinikahinya. Sehingga terkesan ingin yang instan. Padahal seyogyanya adalah menikah di jalan dakwah bersama2 untuk memperbaiki diri. Selain juga harus sesuai dengan syarat fikih islam untuk menentukan pilihan hati.

Ikhwahfillah,, bukanlah melihat kesempurnaan calon suami atau calon istri yang harusnya kita renungkan untuk menyempurnakan jalan dakwah ini. Namun, tengoklah diri kita, sudah pantaskah kita mendapatkan calon yang sholeh/sholehah sementara kita masih seperti ini?

wallohua’lam bishowab

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s