Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Anak Bukan Objek Eksploitasi Juni 30, 2011

Filed under: Uncategorized — catatanseorangukhty @ 6:24 pm

Sebenarnya tulisan ini adalah tulisan yang pernah dimuat di sebuah buletin kampus, tepat untuk memperingati Hari Anak Indonesia tanggal 1 juli 2011. Di tulisan ini saya prihatin melihat semakin banyaknya orang tua yang rela menjadikan anak-anak mereka mengais sesuap nasi dan menjadi tumpuan perekonomian keluarga.

Terinspirasi dari sebuah perjalanan klaten – Jogja sepulang perjalanan saya dari Semarang ke klaten mengendarai sepeda motor. Di sebuah bis ekonomi, 2 orang anak kira2 berumur 10 – 11 tahun menyanyikan 2 buah lagu yang sebenarnya bagus, tapi mungkin karena suara mereka habis untuk mengamen seharian ini, sampai ada beberapa nada yang sedikit meleset, namun saya tetap menikmatinya. 2 Lagu telah selesai mereka nyanyikan, kemudian dengan sebuah plastik bekas permen mereka mengacungkan tangan – tangan mungil mereka untuk meminta hak mereka atas hiburan yang mereka berikan. Sampailah mereka pada saya, sedikit saya berniat jail sebenarnya, namun justru akhirnya muncullah beberapa percakapan dengan mereka yang menggelikan.

Walaupun hanya sekitar 5 menit saya bercakap dengan mereka, ada banyak hal yang saya dapatkan. Setitik hikmah memang, namun lebih banyak bentuk keironisan yang terjadi. Ternyata 2 anak kecil itu sudah tidak lagi mengenyam pendidikan, ketika saya tanya kenapa? bukankah sekarang sekolah gratis? Mereka dengan polos menjawab, Kalau kami sekolah, nanti jatah uang ngamen kami berkurang, dan akhirnya kami tidak bisa makan. Lalu saya bertanya lagi, orang tua kalian memangnyatidak bekerja?
dan mereka menjawab, orang tua jamu menjadi pengemis dan pemulung, dan uangnya tidak cukup untuk membiayai makan kami sekeluarga.

Ironis memang, di jaman yang merdeka ini justru masih banyak anak-anak yang tidak memiliki kmerdekaan untuk mengembangkan potensi mereka, mengembangkan diri mereka dengan merasakan kehidupan bangku sekolah dan mendapatkan hak mereka untuk belajar dan menjadi penerus bangsa yang cerdas dan berilmu. Hanya karena himpitan ekonomi yang semakin menghimpit saja.

Data tahun 2010 diperoleh dari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) menyebutkan, jumlah pekerja anak di dunia mencapai 200 juta. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 2,5 juta anak bekerja. Hanya perlu dicatat, kategori pekerja anak yang dipakai BPS (Badan Pusat Statistik) adalah mereka yang berumur 10-14 tahun yang aktif melakukan aktivitas secara ekonomi.

Akan tetapi, sepertinya pemerintah tidak dapat berbuat banyak, setiap kali isu – isu seperti ini di angkat kepermukaan maka kembali lagi jawabannya adalah masalah ekonomi. Padahal jelas disebutkan dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, “Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara.”

Sungguh ironis, tapi ini kenyataan yang terjadi di sekitar kita. Mereka dituntut untuk bekerja maksimal tanpa kenal waktu, tetapi mereka tidak mendapatkan perlindungan dan penghidupan yang layak. Begitu banyak peristiwa penindasan anak. Karena tidak ada satupun tindakan eksploitatif terhadap anak dibawah umur yang dapat dibenarkan. Namun, inilah yang terjadi di Indonesia, negara hukum yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, bahkan memiliki Undang-Undang Perlindungan Anak, tidak lagi menjamin kebebasan anak untuk tumbuh dan berkembang dengan semangat membangun cita-cita mereka sebagai penerus bangsa yang dibanggakan.

Dalam hal ini, tidak hanya pemerintah yang berkewajiban untuk mencari solusi dalam masalah eksploitasi anak ini, namun kita sebagai masyarakat intelektual pun harus menemukan solusi ampuh untuk menyelesaikan permasalahan eksploitasi anak yang semakin lama semakin meningkat ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s