Catatnseorangukhty's Blog

Just another WordPress.com weblog

Mengenal Jenis Kulit Wajah dan Treatmentnya Mei 23, 2012

Filed under: keakhwatan — catatanseorangukhty @ 7:33 am
Tags: ,

Allah menyukai keindahan, menyukai keteraturan dan kerapihan. Sehingga pastilah di setiap kehidupan kita, juga harus dterapkan untuk memperindah diri dan tampil baik. Terlebih lagi bagi kaum wanita. Selama apa yang ditampakkannya itu tidak melanggar syari’at yang sudah di tetapkan, Atau dalam alqur’an sering disebut dengan tabarruj. Tulisan ini sebenarnya tidak akan membahas kaedah fiqih lebih dalam mengenai tabarruj, karena saya bukanlah ahli dibidang fiqh. Tetapi ulasan ini akan sedikit bercerita mengenai beberapa masalah yang sering menjadikan wanita / akhwat merasa kurang percaya diri dalam berpenampilan. Yups,, apalagi kalau bukan masalah seputar wajah.

Wajah, adalah bagian tubuh wanita yang menurut hadits Rasulullah boleh ditampakkan, selain telapak tangan. Karena itulah, dari wajah ini lah biasanya bermula pandangan pertama. karena untuk mengenal orang, paling tidak awal yang diperhatikan adalah wajahnya. Karena itulah paling tidak penampilan wajah juga harus di perhatikan untuk senantiasa memperlihatkan penampilan agar terlihat baik. Tidak perlulah menggunakan make up tebal dan sebagainya, wajah yang bersih dan berseri tentu akan tampak menyenangkan dilihat mata.

Nah, untuk masalah wajah ini tidak jarang para akhwat tentunya terkesan cuek dengan perawatannya, dan saking cueknya sampai-sampai sering muncul kesalahan dalam mentreatmen wajah dengan kosmetik yang digunakan. Sehingga imbasnya kulit menjadi bermasalah, muncul jerawat, kemudian berminyak, kusam saking keringnya, dan sebagainya. Dan akarnya, ternyata mereka tidak tahu sebenarnya kulit wajah setiap orang itu memiliki karakteristik yang berbeda, demikian pula treatmen yang berbeda. Misalnya kulit kering itu seperti apa dan harus apa yang dlakukan. Mengetahui jenis kulit akan memudahkan para wanita/akhwat untuk memilih kosmetik atau treatmen alami apa yang dilakukan. Saya akan mengulas sedikit tentang hal-hal tersebut,

1.Kulit Normal

Jenis kulit ini tidak kering atau berminyak. Pori-porinya terlihat, namun tidak besar. Setelah mencuci muka, kulit terasa lembut dan nyaman. Di siang hari, kulit masih terlihat bersih dan fresh.

Cara perawatan :


Cuci wajah dengan gentle foaming facial wash. Pijat wajah perlahan. Segarkan kulit dengan toner. Langkah terakhir, oleskan pelembab secara merata menggunakan jari dengan gerakan ke atas

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kulit normal agar tetap cantik

  1. Membersihkan kulit (mandi) dua kali sehari dengan sabun yang ringan, misalnya sabun gliserin atau sabun bayi.
  2. Bilas atau bersihkan kulit dengan benar. Pastikan membersihkan semua bekas kosmetik atau produk lain saat mandi.
  3. Lakukan toning dengan air mawar
  4. Memakai pelembab ringan untuk malam hari juga disarankan.
  5. Gunakan pelembab berbasis minyak.
  6. Gunakan masker wajah yang lembut dan tidak membuat kulit kering. Anda dapat membuat masker wajah buatan sendiri juga.
  7. Tips alami agar kulit tetap cantik juga mencakup penggunaan minyak atsiri untuk kulit normal seperti chamomile, adas, mawar, cendana, dll

2.Kulit Kering

Jenis kulit kering memiliki tekstur tipis dan mirip kertas. Ketika disentuh rasanya kering. Pori-porinya sangat baik. Setelah mencuci wajah, kuilt terasa kencang. Di siang hari, timbul kulit yang mengering menyerupai serpihan putih tipis. Kulit kering umumnya terlihat kusam, terasa kencang karena memiliki tingkat sebum rendah, dan pecah-pecah karena kekurangan tingkat kelembaban. Sebum adalah kelenjar lemak alami yang diproduksi oleh tubuh kita. Sebum membuat kulit tetap terjaga kelembabannya.

Cara perawatan :


Pilih pembersih wajah bertekstur creamy untuk menghilangkan kotoran. Diamkan beberapa saat sebelum menghapusnya dengan kapas. Basuh wajah dengan air dingin, untuk hasil akhir menyegarkan. Bubuhkan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Berikut adalah tips merawat kulit kering agar tetap terlihat cantik:

  1. Kulit kering harus dirawat lebih dari jenis kulit lainnya. Kulit kering perlu pelembab dan pijatan lembut secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengaktifkan kelenjar sebaceous (penghasil sebum).
  2. Jangan menyeka wajah jika memiliki kulit kering. Sehabis mencuci muka, lap wajah dengan lembut.
  3. Gunakan krim pelembab pada malam hari. Harap dicatat bahwa krim lebih bagus dan dianjurkan untuk kulit kering daripada lotion karena krim memiliki kandungan minyak lebih banyak.
  4. Oleskan krim atau minyak bayi setelah mandi. Ini akan membantu mempertahankan kelembaban.
  5. Tips kulit cantik di rumah termasuk mengoleskan krim susu di malam hari.
  6. Karena kulit kering cenderung keriput, gunakan krim di sekitar mata dan mulut. Kedua area ini merupakan tempat keriput cenderung muncul pertama kali.
  7. Ylang ylang, hisop, mawar, cendana, chamomile, dll adalah minyak esensial yang baik untuk mendapatkan kulit kering yang halus.
  8. Lakukan exfoliate setidaknya seminggu sekali

3.Kulit Berminyak

Tekstur kulit berminyak pada umumnya tebal dan kasar. Pori-porinya besar dan terlihat jelas. Sesaat setelah dicuci, wajah terasa nyaman dan bersih. Namun di siang hari, kulit terlihat mengkilap karena minyak yang berlebihan. Seperti namanya, kulit ini tampak sangat berminyak, cenderung berwarna belang, dan biasanya memiliki pori-pori besar. Kulit berminyak sangat rentan terhadap jerawat dan komedo karena kelebihan sekresi sebum yang bisa memerangkap kotoran sehingga membuat pori-pori tersumbat. Pori-pori tersumbat adalah pemicu masalah kulit berminyak terutama pada wajah. Wajah relatif lebih bermasalah dibanding area lain disebabkan kelenjar sebaceous yang lebih aktif.

Cara perawatan :

Pilih pembersih wajah gentle foaming facial wash. Produk ini akan mengangkat kotoran tanpa menghilangkan kelembaban kulit. Bubuhkan astringent lotion pada kapas dan sapukan merata ke wajah. Kulit berminyak pun butuh pelembab. Pilih yang bertekstur air dan ringan.

Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit berminyak agar terlihat tetap cantik.

  1. Keuntungan terbesar orang dengan kulit berminyak adalah kulit akan mengalami masa penuaan lebih lambat. Kulit berminyak juga telah memiliki kelembaban alami yang cukup sehingga tidak memerlukan banyak perawatan.
  2. Untuk menjaga agar pori-pori tidak tersumbat dianjurkan membersihkan wajah dengan air hangat. Gunakan sabun ringan saat mencuci wajah.
  3. Setelah mencuci wajah, lap wajah dengan lembut menggunakan handuk.
  4. Gunakan krim atau lotion yang bukan berbasis minyak. Menggunakan produk berbasis minyak hanya akan membuat kulit semakin berminyak.
  5. Gunakan toner atau astringent berbasis aseton. Aseton dapat membantu menghilangkan minyak pada kulit.
  6. Lakukan exfoliate dua kali seminggu agar kulit tetap cerah dan halus.
  7. Masker buatan sendiri atau masker berbasis lumpur/tanah liat baik untuk kulit berminyak karena dapat menyerap minyak berlebih.
  8. Cedarwood, sage, juniper, cemara, bergamot, dan kemenyan adalah minyak esensial yang baik untuk kulit berminyak

4.Kulit Kombinasi

Apakah kulit agak kering dan agak berminyak di beberapa area? Berarti masuk kategori kulit ini. Biasanya bagian pipi kering, sementara di area kening dan hidung berminyak di siang hari. Wanita umumnya memiliki jenis kulit ini.
Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang umum dimana pemiliknya harus menghadapi kulit kering maupun berminyak. Area dagu, tengah dahi, dan juga bagian pipi, semuanya memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak daripada bagian lainnya dari wajah, dan oleh sebab itu akan cenderung lebih berminyak dan mungkin akan lebih sering berjerawat dibandingkan area-area lainnya. Pada saat yang bersamaan, area wajah yang kekurangan kelenjar minyak dapat mengering dan bersisik. Masalah timbul ketika kulit kombinasi diberi perawatan dengan menggabungkannya seolah-olah kulit tersebut merupakan satu jenis kulit saja. Banyak bahan-bahan yang cocok untuk bagian T (bagian sepanjang dahi turun ke bagian hidung dimana kebanyakan kelenjar minyak aktif pada wajah kebanyakan terletak) tidak akan membantu area-area seperti di pipi, mata, atau pun dagu yang lebih kering, begitu pula sebaliknya. Seringkali dibutuhkan produk-produk yang terpisah untuk menghadapi jenis kulit yang berbeda-beda di wajah . Penyebabnya adalah, jenis kulit yang berbeda, walaupun pada satu wajah yang sama, harus diperlakukan secara berbeda untuk membuatnya terasa dan terlihat lebih baik. Setelah menerima hal ini dan menyesuaikannya dengan rutinitas, kulit kombinasi dapat dibuat menjadi seimbang, paling tidak sampai dimana produk yang tepat mengizinkan! Pada kenyataannya, “seimbang” merupakan kata kunci yang harus diingat ketika berhadapan dengan kulit kombinasi. Sasarannya adalah untuk memberikan kulit baik yang berminyak maupun yang kering dengan produk yang tepat dengan kebutuhan spesifik untuk jenis-jenis kulit tersebut.

Aturan mendasar untuk semua jenis kulit dimana harus memperlakukan kulit secara lembut juga berlaku disini, bahkan mungkin harus lebih lembut lagi. Menggunakan produk perawatan wajah yang terlalu kasar atau mengiritasi kulit pada area-area yang lebih kering hanya akan memperburuk kondisi alamiah kulit kombinasi. Produk-produk tersebut akan membuat area yang kering menjadi semakin kering serta menciptakan penampakan permukaan yang kasar dan memerah pada area yang lebih berminyak. Di samping itu, memperlakukan kulit dengan kasar tidak akan memperbaiki ataupun meningkatkan kondisi kulit berminyak dalam cara apapun.

Cara perawatan :

Di pagi hari gunakan foaming facial wash untuk membersihkan wajah. Di malam hari ganti pembersih dengan krim pembersih untuk melembabkan area kulit wajah yang kering. Dengan demikian keseimbangannya terjaga. Gunakan astringents area berminyak, dan penyegar di area kering. Oleskan pelembab secara merata ke seluruh wajah, fokuskan pada area yang kering.

Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit kombinasi agar terlihat tetap cantik.

  1. Cuci wajah  menggunakan pembersih wajah yang lembut dan dapat larut dengan air yang tidak akan membuat kulit terasa kencang atau kering. Kebanyakan kulit kombinasi cocok dengan pembersih yang berbahan dasar air atau pembersih yang berbusa lembut.
  2. Hindari sabun atau pembersih batangan jenis apapun, tak peduli seberapa pembersih tersebut dinyatakan lembut ataupun tanpa residu. Bahan-bahan pembuat pembersih ataupun sabun batangan tetap berbentuk batang dapat menyumbat pori-pori, dan bahan yang ada pada pembersih batangan akan selalu jauh lebih mengeringkan.
  3. Bila cenderung memilih menggunakan toner, dapat menggunakannya ke seluruh wajah bila toner tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang membuat bagian kulit yang berminyak terasa licin ataupun lengket. Toner berbahan dasar air dan gliserin merupakan toner yang ideal, tetapi pastikan toner tersebut juga mengandung banyak antioksidan, bahan-bahan pengikat air, dan bila dapat diterapkan, bahan-bahan yang cell-communicating (dapat berkomunikasi dengan sel).
  4. Tabir surya harus digunakan setiap hari sepanjang tahun. Pastikan tabir surya tersebut mengandung salah satu dari bahan-bahan pelindung dari UVA berikut ini: titanium dioxidezinc oxide, atau avobenzoneFoundation danpressed powder yang mengandung tabir surya sangat tepat bagi jenis kulit kombinasi untuk menghindari perlunya menggunakan pelembab dan tabir surya di seluruh wajah.
  5. Kelupas dan perbarui kulit dengan menggunakan produk-produk yang mengandung Beta Hydroxyl Acid(BHA/salicylic acid) secara teratur. BHA tidak hanya mengelupas permukaan kulit, tetapi juga mengelupas bagian dalam pori-pori untuk memperbaiki bentuk dan fungsinya.
  6. Rawatlah area wajah yang kering (termasuk area mata) dengan menggunakan pelembab yang mengandung antioksidan, bahan-bahan pengikat air, dan bahan-bahan yang menyerupai struktur dan fungsi kulit yang sehat. Penggunaan bahan-bahan teknologi paling mutakhir tersebut dapat memperbaiki kondisi kulit kering. Pastikan produk yang  dibeli dikemas dalam wadah yang kedap udara dan padat (tidak menggunakan toples) untuk menjaga antioksidan tersebut tetap stabil.
  7. Jika yang dicemaskan adalah kerusakan kulit akibat sinar matahari atau timbulnya kerutan di wajah (kebanyakan orang jarang menghindari dan melindungi kulit mereka dari sinar matahari), gunakanlah produk yang mengandung tretinoin (Retin-A, Renova, Avita, dll.) ke dalam rutinitas malam hari. Tretinoin merupakan bahan yang cell-communicating, yang dapat menciptakan sel-sel baru yang sehat. Produk-produk yang diresepkan ini tersedia dalam berbagai bahan dasar sehingga dapat memilih tekstur (gelcreamlotion) yang paling tepat untuk kulit.

5.Kulit Sensitif

Jenis kulit ini dapat teriritasi dengan mudah. Reaksi yang ditimbulkan adalah gatal-gatal, atau kulit terbakar. Setelah mencuci wajah, kulit terasa kering dan gatal di beberapa area. Di siang hari kulit kering dan kemerahan.

Cara perawatan :

Jangan gunakan facial wash atau sabun untuk mencuci wajah. Pilih lotion pembersih hypoallergenic. Gunakan pelembab untuk menguatkan kulit dan mempersiapkan penghalang untuk iritasi kulit. Pilih pelembab yang tak mengandung pewangi untuk menghindari iritasi.

Nah, itu tadi sekilas tentang jenis kulit wajah, silahkan di cek jenis kulit apa yang akhwatifillah puna so jangan sampe salah pake treatment agar kulit tidak rusak dan bermasalah.

Selamat mencoba ^^

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s